Membangun Personal Branding Guru

GURU PENGGERAK INDONESIA - 19 November 2021
Membangun Personal Branding Guru
  
|
Editor

Personal branding adalah kegiatan praktik untuk mempromosikan diri, karir dan pencapaiannya sebagai sebuah merek yang dikenal masyarakat. Personal branding merupakan proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu di mata orang banyak. Hal itulah yang seharusnya dilakukan bagi seorang guru. PERSONAL BRANDING UNTUK GURU wajib diperkenalkan dan diajarkan dalam memberikan manfaat membangun personal branding di era digital.

branding-6197c1d89ae0523c4a041952.jpg
Kita sebagai guru perlu membangun personal branding agar dikenal sebagai guru yang berprestasi dan memiliki keunikan yang dapat ditularkan kepada guru lainnya. Membangun personal branding, omjay mulai ketika menjadi finalis Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (LKGDP) tingkat nasional tahun 2008. Alhamdulillah karya tulis Omjay lolos di tingkat nasional.

kebakaran-6197c0ee9ae0520fe9792982.jpg
Tahun 2008 adalah tahun yang menyedihkan bagi keluarga besar Labschool. Sekolah kami pada saat itu dilanda musibah kebakaran. Anak-anak terpaksa belajar di rumah dan guru mulai mencari cara agar materinya sampai ke otak siswa. Saya mengajak siswa untuk mengumpulkan tugasnya lewat blog dan mengajak mereka untuk mulai menulis di blog gratisan.

Omjay di Acara Daai TV (dokpri)
Yuk kita Ngeblog! menjadi semangat saya dalam menularkan virus ngeblog di kalangan siswa SMP Labschool Jakarta. Proses tidak pernah menghianati hasil. Alhamdulillah Omjay menjadi juara pertama lomba naskah buku pengayaan tingkat nasional Pusat Perbukuan departemen pendidikan dan kebudayaan tahun 2009.

 

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Sekolah kami mengalami musibah kebakaran. Terjadi konsleting listrik di salah satu ruangan. Kalau mengingat kejadian itu, sedih sekali rasanya. Sekolah yang kami bangun dengan semangat kebersamaan, hancur lebur dilahap si Jago merah. Saya dan kawan-kawan mulai mengumpulkan semangat kembali. Membangun citra diri melalui blog dan media sosial lainnya di internet. Kami mulai membangun personal branding. Baik untuk guru maupun sekolah.

Baca Liannya  Kegiatan Pramuka: Inventarisasikan Problematika Pendidikan Kepramukaan di Gugusdepan

Saya mulai memberanikan diri bicara di depan publik. Saya mulai berani sedikit demi sedikit bicara melalui youtube. Saya berlatih bicara lewat youtube. Saya tidak ambil pusing ketika melihat diri saya tidak begitu baik penampilannya. Saya justru akan mulai dari ketidaksempurnaan. Kemudian saya perbaiki pelan-pelan menuju kesempurnaan. Itulah mengapa, saya membuka kelas BICARA. Saya ingin guru Indonesia pandai berbicara di depan umum. Baik secara virtual maupun secara langsung di dunia nyata.

 

Prof. Eko Indrajit (dokpri)
Tips Membangun Personal Branding dapat anda baca secara lengkap di sini. Saya hanya membahasnya sedikit saja. Sesuai pengalaman saya menjadi guru. Mimpi saya, banyak guru Indonesia mampu membangun personal branding dengan baik. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

 

Webinar Guru Penggerak (dokpri).
Pertama, Tentukan Tujuan Personal Branding. Hal yang paling utama adalah anda harus menentukan tujuan dalam membangun personal branding. Kalau tujuan anda ingin menjadi guru penggerak, maka tulislah tentang guru penggerak dalam mendorong gerak maju pendidikan nasonal. Nah, hal itulah yang saya lakukan dengan menulis buku guru penggerak bersama ibu Tuty Alawiyah di penerbit Andi Yogyakarta. Bahkan kami sering diundang untuk menjadi narasumber Webinar guru penggerak.

 

omjay bicara (dokpri)
Kedua, Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio. Menentukan tujuan personal Branding harus sesuai dengan portofolio anda. Tentu anda pasti tidak ingin jika dianggap orang yang hanya pencitraan saja. Kembangkan potensi unik yang anda miliki. Lakukan apa yang anda sukai dan kuasai. Kemudian sebarkan di media sosial anda. Nah, saya menuliskannya di biodata omjay yang dapat anda baca di https://wijayalabs.com/about.

Baca Liannya  Menjadi Guru Pendekar Blended dan Hybrid Learning

 

Omjay di Balai Diklat Kemenag (Dokpri)
Ketiga, Anda Mulai Buat Website Pribadi. Bagaimana membangun personal branding yang mudah? Salah satu cara termudah dalam membangun citra diri adalah dengan mulai membuat website pribadi. Saya memulainya dengan blog gratisan. Baru kemudian dengan membeli domain dan hosting berbayar. Saat itu, saya mulai dengan membuat blog gratisan di:

https://wijayalabs.blogspot.com
https://wijayalabs.wordpress.com
https://omjaylabs.blogspot.com
https://omjaylabs.wordpress.com
https://kompasiana.com/wijayalabs

Buku Guru Penggerak (Dokpri)
Keempat, Buat Konten yang Bernilai dan Optimalkan Sosial Media Anda. Content is the king. Konten adalah raja dalam dunia digital. Konten sangat penting dalam hal ini. Konten menjadi alat untuk mengkomunikasikan dan memasarkan semua nilai dari personal brand anda untuk lebih dikenal masyarakat luas. Lalu bangun kemampuan menulis anda. Oleh karena itu, saya membuka kelas belajar menulis di PGRI.

 

Kelas belajar menulis (Dokpri)
Kelima Bangun Networking dan Saling Berkolaborasi. Membangun networking atau jaringan relasi sangat penting dalam membangun personal branding yang cepat. Dengan membangun networking anda bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja dan lain-lain. Kemudian bentuklah berbagai komunitas, seperti komunitas sejuta guru ngeblog (KSGN), dan Komunitas Guru TIK dan KKPI (KOGTIK). Itulah yang kami lakukan sehingga dapat dilibatkan menjadi narasumber webinar literasi digital di berbagai kota di Indonesia secara virtula melalui aplikasi zoom.

 

Webinar Literasi digital di kota Malang (dokpri)
Pesan omjay dalam membangun personal branding guru. Yuk kita menjadi guru penggerak Indonesia. Kita bangun personal branding yang siap bersanding dengan semua orang. Kita harus mampu menjadi guru pelopor dan menjadi agen perubahan. Saya sudah menularkan virusnya dan sudah omjay sampaikan materinya di rekaman youtube di bawah ini.

Baca Liannya  Menulis Dengan Cinta

 

Oh iya, Jangan lupa kasih klik like dan subscribe ya! Semoga omjay bisa juga membangun personal branding lewat youtube. Sehingga kelak menjadi youtuber terkenal kayak murid-murid omjay. Salah satunya Baim Wong yang sudah menjadi youtuber terkenal. Terima kasih bapak ibu yang baik hatinya. Sekarang jumlah subscriber Omjay di youtube terus bertambah. Tinggal komitmen membuat konten video melalui youtube.

 

Public speaking for teacher (Dokpri)
Rencana, besok siang (Sabtu, 20 Nopember 2021) omjay diminta menjadi narsumber membangun personal branding. Mohon siapkan sapu tangan anda untuk mendengarkan kisah guru tangguh berhati cahaya dalam membangun personal banding dirinya dan sekolahnya yang terbakar si Jago Merah tahun 2008.

 

Omjay di Webinar Erlass (Dokpri)
Besok saya akan bercerita bagaimana kami membangun personal Branding dan mulai dari NOL. Benar-benar dari NOL. Sebab kami adalah sekolah swasta yang biaya operasionalnya diambil dari sepenuhnya orang tua murid dan bukan dari dana BOS.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Membangun Personal Branding”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/6197d7349ae05238691cee42/membangun-personal-branding

Kreator: Wijaya Kusumah

 

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 54
  • 1.837
  • 9.947
  • 643.496
  • 116.503
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.