Pentingnya Memahami Profil Murid

GURU PENGGERAK INDONESIA - 10 September 2021
Pentingnya Memahami Profil Murid
  
|
Editor

Pemetaan murid hasil asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif telah Anda pelajari. Apakah Anda dapat melihat keterkaitan antara asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif? Selama ini, guru hanya berfokus pada pencapaian kompetensi murid secara kognitif semata. Padahal, asesmen diagnostik non kognitif tidak kalah penting dilakukan sebagai upaya memahami profil murid dari segi perkembangan emosi sosialnya.

Mengapa demikian? Simak penjelasan pada video berikut untuk mendapat jawabannya. Bagikan komentar Anda setelah menyimak video tersebut pada ruang diskusi.

Setelah memahami profil murid, topik selanjutnya yang akan dipelajari ialah bagaimana menentukan tujuan, bukti dan asesmen belajar sebagai elemen yang terdapat dalam kanvas RPP Merdeka Belajar.

Pada dasarnya, merancang strategi merdeka belajar dilakukan dengan prinsip backward thinking. Apa yang dimaksud backward thinkingBackward thinking ialah cara berpikir mundur yang digunakan dalam merancang suatu desain. Dalam hal ini, berpikir mundur dilakukan dengan merumuskan rangkaian kegiatan belajar mulai kegiatan sebelum hasil akhir (tujuan, bukti dan asesmen) hingga kegiatan awal pembelajaran.

Bagaimana maksudnya? Setelah anda memahami profil murid, Anda justru akan memulai seluruh rangkaian dari tujuan belajar. Menentukan tujuan belajar di awal akan membantu mengidentifikasi bukti apa saja yang menunjukan bahwa murid telah mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, adanya tujuan belajar membuat guru lebih mudah menentukan teknik asesmen yang sesuai dengan materi pembelajaran. Lantas, bagaimana cara menentukan tujuan, bukti dan asesmen?

Infografis berikut ini akan memudahkan Anda memahami bagaimana guru menentukan tujuan, bukti dan asesmen pembelajaran. Silakan Anda pelajari dan cermati setiap langkahnya. Catat informasi penting yang Anda peroleh. Kemudian, sampaikan pendapat Anda melalui ruang diskusi.

Baca Liannya  Pejuang Pendidikan itu Pergi

Anda telah memahami langkah merumuskan tujuan, bukti dan asesmen pembelajaran. Menurut Anda, apakah ketiga elemen tersebut saling berkaitan? Untuk melihat keterkaitan antara profil murid, tujuan, bukti dan asesmen pembelajaran, silakan simak penjelasan dari video pemaparan pada aktivitas ini.

 

Tinggalkan Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 22
  • 2.022
  • 12.100
  • 619.308
  • 107.323
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.