Tips Berani menulis bagi pemula

GURU PENGGERAK INDONESIA - 3 Juli 2021
Tips Berani menulis bagi pemula
  
|
Editor

Tips Berani Menulis bagi Pemula

Menyadari pentingnya menulis, terutama di masa sekarang ini, banyak orang mulai melirik kegiatan satu ini. Berbagai teori dan tips menulis mulai dipelajari, bahkan pelatihan pun mulai digandrungi. Sebagus apapun teori, tips, dan pemahaman tentang kegiatan menulis ini tak akan memberikan arti apapun jika tidak pernah membiasakan diri untuk memulainya.

Pembiasaan merupakan hal terpenting dari kegiatan menulis. Pembiasaan tidak akan diperoleh jika kita terikat dengan aturan-aturan yang rumit: jenis karya, struktur kalimat, struktur teks, penggunaan huruf kapital, tanda baca, dan lain sebagainya. Jika kita fokus pada hal-hal tersebut sementara kita belum pernah menulis apapun, nyali kita akan ciut, kita menjadi minder, dan akhirnya mundur teratur.

Untuk pemula, terutama yang belum pernah bergelut dengan kegiatan menulis, mari kita fokus pada pembiasaan saja dulu.
Hal-hal berikut dapat kita lakukan untuk sekedar akrab dengan menulis:
1. Amati sebuah objek di sekitar kita, yang terdekat saja;
2. Tulislah apa saja yang kita lihat dari objek tersebut: bentuk, warna, ukuran, manfaat, gerakan, atau apapun menurut kita yang perlu diceritakan tentang objek tersebut;
3. Baca apa yang sudah kita tulis.
Wah… ternyata banyak, bukan?
4. Lakukan kegiatan-kegiatan di atas secara berulang, usahakan sesering mungkin.

Nah, kalau kebiasaan menulis sudah melekat pada diri kita, menulis terasa ringan kita lakukan, barulah kita lanjutkan ke tingkat penyempurnaan tulisan. Di sinilah teori-teori dan tips menulis dengan benar berperan. Untuk langkah awal, cukuplah membaca tulisan yang sudah kita buat, mencermatinya, dan lakukan perbaikan. Kemudian, bacalah kembali hasil editan kita, dan rasakan bedanya. Jika merasa sudah aman, bolehlah mencoba menulis berbagai jenis tulisan.

Baca Liannya  RAPAT RUTIN DI TENGAH TEROR BOM MOLOTOV

Untuk menjadi penulis yang sungguhan, mari kita belajar kepada penulis hebat, guru-guru kita tercinta. Semoga kita diberikan kemudahan, kelancaran dan keberkahan oleh Allah Subhanahu wa taala, Sang Pemilik ilmu sesungguhnya.

Pangkalpinang, 3 Juli 2021
Rosminiyati
Belajar menulis, belajar berbagi.

Tinggalkan Komentar


Terpopuler

JUMLAH PENGUNJUNG WEB

  • 0
  • 7
  • 2.076
  • 10.115
  • 632.344
  • 112.382
Close Ads X
Jelajahi

.

.

.

.