AGENDABUKUFIKSIINFO TERKINIMOTIVASIPEMBELAJARANPERANGKAT GURUTULISAN GURU PENGGERAK INDONESIAWEBINAR / LOMBA

Ikutilah Konferensi Nasional Guru Blogger dan Youtuber PGRI di Bulan Desember 2020

Wijaya Kusumah

Wahai teman-teman guru yang bergabung di persatuan guru Republik Indonesia atau PGRI. Ikutilah Konferensi Nasional Guru Blogger dan Youtuber PGRI. Konferensi ini untuk menyatukan anggota PGRI yang telah memiliki blog pribadi dan youtube chanel di dunia maya. Peran guru bogger dan youtuber PGRI sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ekosistem sekolah berbasis TIK dan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Covid-19.

Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Konferensi pers, suatu pengumuman untuk pers (cetak, radio, televisi) dengan diikuti oleh sesi tanya jawab tentang hal yang diumumkan. Konferensi nasional guru blogger dan youtuber PGRI diadakan agar anggota PGRI mampu mengelola blog pribadinya dengan baik dan mampu memainkan peran di sekolah sebagai blogger yang mampu mengembangkan kegiatan ekosistem sekolah berbasis TIK. Guru juga mampu mengelola chanel youtubenya menjadi lebih menarik dan banyak pengunjungnya.

Kegiatan ini rencana akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2020 dari jam 08.00 sampai 16.00 wib. Lalu sisa kegiatannya direncanakan online melalui group WA dan facebook group di internet. Serta saling bertukar alamat blog atau melakukan blog walking. Juga saling memberikan subscribe di antara sesama youtuber. Terjadi silahturahim antar blogger dan youtuber guru di Indonesia. Blog yang bergabung di komunitas guru blogger dan youtuber PGRI tak akan pernah sepi dari pengunjung. Narasumber konferensi guru blogger dan youtuber adalah para pakar di bidangnya dan mereka akan berbagi pengalamannya kepada kita semuanya.

Tempat kegiatan ini biasanya dilaksanakan di gedung Guru Indonesia, Jl. Tanah Abang III no. 24 Gambir Jakarta Pusat. Sebuah tempat yang strategis karena dekat dengan stasiun gambir dan stasiun tanah abang, sehingga memudahkan peserta untuk datang dari seluruh Indonesia. Gedung guru Indonesia adalah sebuah gedung yang menjadi kantor pengurus besar persatuan guru Indonesia dan menjadi pusat learning center anggota PGRI yang termegah di Indonesia. Di gedung itu juga tersedia tempat untuk menginap kawan–kawan guru yang datang dari jauh. Namun, karena masih kondisi Wabah COVID-19 yang belum ada tanda-tanda mereda, maka kegiatan dilaksanakan melalui aplikasi zoom.

Donasi kegiatan sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu) untuk dikembalikan ke peserta dalam bentuk sertifikat 32 jam, acara online yang menarik, honor narsum, ilmu yang bermanfaat, dan door prize. Mereka yang beruntung akan membawa pulang door prize dari sponsor komunitas sejuta guru ngeblog atau KSGN. Juga Komunitas Guru Youtuber PGRI atau KGYP. Semua peserta akan diminta untuk bergabung ke dalam WA Group.

Bagi anda yang tertarik ikut dan bisa berkontribusi dalam kegiatan ini, silahkan Transfer ke rekening bank BNI cabang senayan a.n. Wijaya Kusumah Rek. 0247943909. Batas akhir transfer tanggal 2 Desember 2020.

Tema kegiatan ini adalah : Peran Guru Blogger dan Youtuber PGRI dalam Mengembangkan Ekosistem Sekolah Berbasis TIK dan Pembelajaran Jarak Jauh yang Menarik. Diharapkan semua blogger guru yang tergabung di PGRI dapat melaksanakan dan mengembangkan kegiatan lingkungan sekolah dan budaya sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Guru mampu mengembangkan literasi digital dan TIK di sekolah serta mengkampanyekan gerakan literasi sekolah (GLS).

Dapat kita pahami bersama dari pesan yang telah disampaikan oleh ketua umum pengurus besar PGRI, Prof. Unifah Rosyidi, ketika sebuah ekosistem sekolah yang semakin maju karena teknologi dan kita sebagai pendidik adalah agen penghantar teknologi yang tidak tergantikan, maka kita harus siap dan bisa menjadi sosok guru yang berani untuk berubah menjadi guru yang inspiratif, inovatif, dan kreatif, salah satunya dengan cara membuat serta menjadikan blog dan youtube sebagai arsip berjalan bagi diri pribadi yang dapat digunakan sebagai sumber informasi belajar anak didik.

Dengan adanya sebuah blog dan youtube yang dimiliki dan dikelola dengan baik oleh masing-masing guru, maka peningkatan mutu guru dapat:

  1. Membangun pola pikir untuk selalu belajar dalam mengembangkan kompetensi.
  2. Mengintegrasikan blog pribadi dan youtube channel sebagai sarana informasi.
  3. Mampu berdaya saing dalam era globalisasi.
  4. Sebagai sumber sarana informasi peserta didik dalam belajar.
  5. Mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh di sekolah yang saat ini dilaksanakan secara online akibat wabah Covid-19.

Target peserta konferensi nasional guru blogger dan youtuber PGRI adalah membuat buku keroyokan dari guru Blogger dan youtuber PGRI dan diterbitkan ber-ISBN. Buku ini diharapkan dapat menginspirasi kawan-kawan guru lainnya agar senang menulis di blog dan mengelola blog pribadinya dengan baik sehingga dapat menghasilkan pemasukan tambahan dari apa yang sudah dikelolanya. Guru juga dapat menjadi youtuber dan menghasilkan uang dari youtube chanel yang dikelolanya dengan baik.

Info kegiatan ini silahkan WA nama anda dan asal sekolah ke  omjay melalui whatsap di 08159155515.
Buruan mendaftar, tempat terbatas hanya untuk 100 orang guru anggota PGRI.

Tags

Related Articles

13 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Admin
Chat Admin
Close